Bitcoin Pro Dan Kontra


Banyak kesalahpahaman publik mengenai banyaknya penggunaan Bitcoin oleh para kriminal, namun pemikiran tersebut adalah pemikiran yang salah. Perkembangan Bitcoin di Indonesia terus menunjukkan sinyal positif. Hal ini ditunjukkan dengan kehadiran Bitcoin Marketplace di Indonesia. Meskipun demikian menurut Financial institution Indonesia (BI) menggunakan bitcoin sebagai alat pembayaran melanggar undang-undang. Namun menurut Oscar, kurang tepat kalau Bitcoin dikatakan melanggar undang-undang karena menurut mereka Bitcoin bukanlah mata uang sebagaimana yang diatur oleh undang-undang tersebut. Bitcoin lebih bersifat sebagai media transfer pada saat digunakan untuk transaksi. Transaksi terjadi berdasarkan sistem barter dengan nilai sekian rupiah. Oscar mengatakan mungkin emas web” adalah sebutan yang paling tepat untuk Bitcoin.

Nominal pertumbuhan tersebut sudah terbilang relatif regular. Har­ga 1 BTC pernah melonjak hingga Rp1.216.73 di MT Gox Change pada 17 November 2013. Namun pada lain waktu sebuah Bitcoin hanya bernilai US$13-US$100. Harga Bitcoin pernah anjlok hingga kisaran US$500 per BTC dari sebelumnya US$1.100 Bitcoin Indonesia per BTC ketika Peme­rintah China melarang peng­gunaan Bitcoin atau bahkan terjun bebas hingga US$3.50 ketika agen Bitcoin dan MyBitcoin diretas hacker yang berujung bocornya informasi dan pencurian atas mata uang digital tersebut.berita bitcoin malaysia

Artinya konsep desentralisasi dari bitcoin sebenarnya hanyalah sebuah ‘dongeng' belaka karena mereka yang sempat mencetak bitcoin hanyalah pendiri-pendiri bitcoin yang tidak jelas indentitasnya atau oleh penyedia-penyedia jasa tremendous komputer, bukan mustahil keduanya adalah pihak yang sama. Artinya keberlangsungan bitcoin jauh lebih berbahaya karena supply bitcoin tidak dilakukan oleh negara, pemerintah, bank central, melainkan oleh orang-orang yang tidak anda kenal dan tidak tahu dimana keberadaannya.

Dia mencontohkan, salah satu perusahaan hiburan terbesar di Jepang, DMM merespons penggunaan Bitcoin untuk semua transaksi produk dan layanannya. Sebuah kota di Swiss bernama Zug juga telah melakukan transaksi dengan Bitcoin. Seakan tak mau kalah, kota New York, Amerika Serikat (AS) telah merampungkan regulasi Bitcoin yang dinamainya BitLicense dan perusahaan ternama, seperti Microsoft, Rakuten, Overstock, dan Time Inc telah menerima pembayaran melalui Bitcoin.

Karena hadir secara digital dan ditransaksikan secara online, bukan berarti bitcoin tidak memiliki nilai tukar. Bitcoin bisa ditukarkan ke mata uang yang selama ini umum digunakan masyarakat. Penukarannya diwadahi website Bitcoin trade. Dibuka dengan harga US$84,1 pada 2013, nilai tukar terakhir bitcoin terhadap dolar telah menyentuh angka US$2.216,20.berita bitcoin malaysia

Komentar